Tujuh tingkatan neraka dalam al Qur’an

Tujuh tingkatan neraka dalam al Qur’an adalah :

1. Jahannam
:أَفَحَسِبَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَن يَتَّخِذُوا عِبَادِي مِن دُونِي أَوْلِيَاء إِنَّا أَعْتَدْنَا جَهَنَّمَ لِلْكَافِرِينَ نُزُلًا
Maka apakah orang-orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku? Sesungguhnya Kami telah menyediakan neraka Jahanam tempat tinggal bagiorang-orang kafir.

2. Ladza,
يَوَدُّ الْمُجْرِمُ لَوْ يَفْتَدِي مِنْ عَذَابِ يَوْمِئِذٍ بِبَنِيهِ)11( وَصَاحِبَتِهِ وَأَخِيهِ)12( وَفَصِيلَتِهِ الَّتِي تُؤْويهِ)13( وَمَن فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا ثُمَّ يُنجِيهِ )14( كَلَّا إِنَّهَا لَظَى)15(
Sedang mereka saling melihat. Orang kafir ingin kalau sekiranya dia dapat menebus (dirinya) dari azab hari itu dengan anak-anaknya.:Dan istrinya dan saudaranya,:Dan kaum familinya yang melindunginya (di dunia).Dan orang-orang di atas bumi seluruhnya,kemudian (mengharapkan) tebusan itu dapat menyelamatkannya. Sekali-kali tidak dapat. Sesungguhnya neraka itu adalah Ladza (api yang bergejolak,) (al – Ma’arij 11-15)

3. Al- Huthamah
وَيْلٌ لِّكُلِّ هُمَزَةٍ لُّمَزَةٍ)1( الَّذِي جَمَعَ مَالًا وَعَدَّدَهُ )2(يَحْسَبُ أَنَّ مَالَهُ أَخْلَدَهُ)3( كَلَّا لَيُنبَذَنَّ فِي الْحُطَمَةِ)4( وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْحُطَمَةُ )5(نَارُ اللَّهِ الْمُوقَدَةُ)6(
Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela, yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya, dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengekalkannya,sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah. Dan tahukah kamu apa Huthamah itu?:
(yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan, ( al – Humazah 1-6 )

4. As – Sa’ir
إِنَّ اللَّهَ لَعَنَ الْكَافِرِينَ وَأَعَدَّ لَهُمْ سَعِيرًا)64(
Sesungguhnya Allah melaknati orang-orang kafir dan menyediakan bagi mereka As- sa’ir ( api yangmenyala-nyala),
5. As –saqar

سَأُصْلِيهِ سَقَرَ)26( وَمَا أَدْرَاكَ مَا سَقَرُ)27( لَا تُبْقِي وَلَا تَذَرُ)28(
Aku akan memasukkannya ke dalam (neraka) Saqar.Tahukah kamu apa (neraka) Saqar itu? Saqar itu tidak meninggalkan dan tidak membiarkan. ( al – Mudatstir 26-29)

6. Al – Jahim
وَبُرِّزَتِ الْجَحِيمُ لِمَن يَرَى)36(
dan diperlihatkan neraka dengan jelas kepada setiap orang yang melihat.(an –Nazi’at 36)

7. Al – Hawiyah
وَأَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِينُهُ)8( فَأُمُّهُ هَاوِيَةٌ)9( وَمَا أَدْرَاكَ مَا هِيَهْ)10( نَارٌ حَامِيَةٌ)11(
Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan) nya maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (Yaitu) api yang sangat panas. ( al Qari’ah 8-11)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s