Surat yang paling agung di Alquran

Surat yang paling agung di dalam Al-Qur an adalah AL-Fatihah. Sebagaimana dijelaskan oleh Rasulallah Sallallahu ‘Alahi wa Sallamdalam sebuah hadist, beliau bersabda: “Demi Allah, yang jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnyatidak diturunkan dalam Taurat, Injil, Zabur, dan Al-Qur an suatu surat yang menyerupainya. Ia adalah sab’ul matsani dan Al-Qur anul ‘Adhim yang telah diturunkan kepadaku” Selain itu adasebuah hadist lain yang diriwayatkan dari Abu Sa’id bin Al-Mua’la, dia menceritakan, “Ketika aku sedang mengerjakan shalat, tiba-tiba Rasulallah Sallallahu ‘Alahi wa Sallam memanggilku, tetapi aku tidak menjawab. Lalu aku berkata, ‘Ya Rasulallah, aku sedang mengerjakan shalat.’ Kemudian beliau bertutur, ’Bukankah Allah berfirman, ’Istajiibuu lillahi wa lirrasuliidzaa da’aakum (Penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kalian.)’’ Selanjutnya beliau bertutur, ’Maukah engkau aku ajarkan kepadamu suatu surat yang paling agung dalam Al-Qur an sebelum kamu keluar dari masjid itu?” Setelah itu Abu Abu Sa’id mengatakan, ‘Kemudian beliau menggandeng tanganku dan sebelum keluar masjid aku katakan, Ya Rasulallah, bukankan engkau akan mengajarkan kepadaku suatu surat dalam Al-Qur an?’ Beliau menbacakan, ‘Al-Hamdulillahi Rabbil ‘Alamin, ia adalah sab’ul matsani dan AL-Qur anul ‘Adhim yang telah diturunkan kepadaku’.’’ —————————————————- [Shahih Al-Jami’ush-Shaghir] [Fathul Baari, jilid IX]

Tinggalkan Balasan

