Ombak Bertumpuk

Ombak Bertumpuk

Allah Berfirman dalam surat An Nur 40:
أو كظلمات في بحر لجي يغشاه موج من فوقه موج من فوقه سحاب…
“Atau seperti kegelapan di lautan yang dalam, yang diliputi gelombang demi gelombang, di atasnya ada awan gelap…”
Dalam ayat ini, Allah menyerupakan amal orang-orang kafir seperti orang yang hidup di kedalaman samudera, kegelapan dan kepekatannya makin bertambah akibat terakumulasinya ombak yang bergelombang di atas permukaannya, ditambah awan tebal yang gelap.
Pada awal abad ke-20, para ahli menemukan adanya ombak dan gelombang lain selain ombak yang kita lihat di permukaannya. Gelombang di kedalaman laut memengaruhi secara langsung ketenangan permukaan laut. Pada tahun 1973 melalui satelit dapat diambil gambar ombak dan gelombang yang terdapat di kedalaman laut pada “batas antara” yang memisahkan antara lapisan padat di bawah laut dan lapisan atas yang kepadatannya lebih kecil.
Perbedaan kepadatan antara dua lapisan laut itu disebabkan oleh perbedaan suhu dan tingkat garam masing-masing. faktor-faktor yang menyebabkan terdorongnya air di dalam gelombang dalam laut adalah perubahan tekanan udara, gerak tarik menarik, dan perbedaan kekuatan angin dari satu tempat ke tempat lain.
Ayat ini juga mengisyaratkan adanya awan tebal dan gelap di atas samudera yang sangat dalam yang terjadi akibat proses penguapan yang terus menerus.
Subhanallah….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s