ASBABUN NUZUL Q.S Al-Baqarah:80

وَقَالُوا لَنْ تَمَسَّنَا النَّارُ إِلَّا أَيَّامًا مَعْدُودَةً ۚ قُلْ أَتَّخَذْتُمْ عِنْدَ اللَّهِ عَهْدًا فَلَنْ يُخْلِفَ اللَّهُ عَهْدَهُ ۖ أَمْ تَقُولُونَ عَلَى اللَّهِ مَا لَا تَعْلَمُونَ
Dan mereka berkata: “Kami sekali-kali tidak akan disentuh oleh api neraka, kecuali selama beberapa hari saja”. Katakanlah: “Sudahkah kamu menerima janji dari Allah sehingga Allah tidak akan memungkiri janji-Nya, ataukah kamu hanya mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui?

Dalam suatu riwayat di kemukakan bahwa di waktu Rasulullah SAW. Sampai ke Madinah, kaum Yahudi berkata: ”Umur dunia ini tujuh ribu tahun. Manusia di siksa tiap seribu tahun dari hari dunia ini sehari di Yaumul akhir, Sehingga jumlahnya hanya tujuh hari saja, Dan setelah itu siksaan itu berhenti. Maka Allah SWT menurunkan ayat ini (Q.S. Al-Baqarah:80) sebagai bantahan dan peringatan kepada orang-orang yang menganggap dirinya lebih tahu daripada Allah SWT.

Diriwayatkan oleh Ath-Thabrani di dalam kitab al-kabir, Dan ibnu Jarir, Ibnu abi hatim dan Ibnu Ishaq, Dari Muhammad bin Abi Muhammad dari Ikrimah atau Said bin Jubair yang bersumber dari Ibnu Abbas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s