Anggur menurut Alquran

Anggur menurut Alquran

Anggur disebut 11 kali dalam Al Quran, terulang 2 kali dalam bentuk mufrod (‘Inab) dan 9 kali dalam bentuk jama’ (A’naab).
Seringkali disebut sebagai buah-buahan di perkebunan atau taman, seperti dalam Al Baqoroh 266, Al Isro’ 91, Al An’am 99, Ar Ro’du 4, Yasin 34. Termasuk buah-buahan yang tumbuh subur dengan air hujan seperti dalam An Nahl 11 dan Al Mukminun 19, dan Buah-buahan yang bisa dibuat minuman yang memabukkan seperti dalam An Nahl 67.
—–
Buah Anggur memiliki banyak khasiat bagi kesehatan karena mengandung anti oksidan dan serat yang tinggi. Disamping memiliki kandungan karbohidrat sederhana, buah anggur juga mengandung vitamin A, B, C, E dan K (Kalium).
Manfaat lain adalah bijinya mengandung pycnogenol, penguat kolagen untuk kelenturan pembuluh darah, dan kulitnya kaya akan zat flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan yang tinggi. Oleh karenanya ia bisa mencegah kanker colon atau usus besar.
(Sumber: 63 Buah Berkhasiat Istimewa)
Untuk lafadh ‘Inab (Anggur), hikmah dari pengulangan tersebut adalah menegaskan makna, menunjukkan manfaat yang banyak, menyesuaikan dengan konteks penuturan ayat, juga bisa menunjukkan bahwa anggur bermacam-macam jenisnya. Wallahu A’lam

Untuk kata-kata yang berlawanan / berpasangan, memang setelah dihitung oleh para pemerhati Al Quran, ternyata jumlahnya sama seperti contoh yang kamu sampaikan di atas, itu semua tentu saja menunjukkan salah satu segi kemukjizatan Al Quran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s